Atlet Taekwondo Kuningan Diliburkan dari Latihan

KUNINGAN, (PR).-
Kendati pelaksanaan Pekan Olah Raga Daerah (Porda) Jabar tinggal beberapa bulan lagi, empat atlet taekwondo asal Kab. Kuningan yang berhasil lolos pada babak kualifikasi Porda XI Jabar/2010 pada tanggal 11-13 Desember 2009 lalu, malah diliburkan dari latihan.

Hal itu disebabkan keempat atlet taekwondo yang terdiri dari Han Han (kelas -54 kg), Adlan (kelas -80 kg), Anang (kelas -87 kg), dan Raymon (kelas +87 kg) belum mendapat kejelasan dari KONI Kab. Kuningan akan diberangkatkan atau tidaknya ke Porda Jabar.

“Memang idealnya, setelah lolos babak kualifikasi, para atlet harus mengikuti pemusatan latihan tetapi karena belum ada lampu hijau dari KONI, maka diliburkan saja dulu,” ujar Ketua Persatuan Taekwondo Seluruh Indonesia Cabang Kuningan, H.M. Ridwan Setiawan melalui Sekretaris Umum, John Raharja, Kamis (7/1).

Diungkapkan John, pihaknya tidak mau melakukan spekulasi dengan menginstruksikan para atlet untuk mengikuti pemusatan latihan karena selain membutuhkan dana cukup besar, juga jika ternyata KONI Kab. Kuningan tidak jadi menerjunkan atlet taekwondo, maka akan sangat mengecewakan.

Untuk itu, hingga saat ini, pihaknya masih menunggu keputusan hasil rapat evaluasi semua cabang olah raga yang akan dilakukan KONI sesuai dengan hak prerogratif ketua umumnya yang kini dijabat Bupati Kuningan, H. Aang Hamid Suganda.

“Informasinya, tidak seluruh cabang olah raga yang lolos babak kualifikasi akan diberangkatkan semuanya ke porda, tetapi hanya yang diprediksikan mendapat medali saja karena keterbatasan anggaran yang dimiliki Pemkab Kuningan,” katanya.

Menurut pemikiran John, dalam pembentukan atlet-atlet berprestasi tidak bisa langsung instan, melainkan membutuhkan pembinaan-pembinaan secara berjenjang dan komprehensif, sehingga sudah kewajiban KONI untuk melakukan hal tersebut supaya tercipta hubungan harmonis dan sinergis.

Selain itu, perlu juga diperhatikan kebutuhan sarana prasarana latihan baik tempat maupun alat penunjang lainnya serta diperhatikan juga dalam pelaksanaan berbagai event kejuaraan lainnya. Apabila hal itu dapat direalisasikan, maka bisa lahir atlet-atlet andal yang mampu mengharumkan nama daerahnya.

Sementara itu, sumber “PR” di KONI Kab. Kuningan menyebutkan, sampai saat ini masih dalam pembahasan cabang olah raga mana saja yang nantinya akan direkomendasi KONI, ikut diterjunkan di porda. (A-164)***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s